Sitti

Sabtu, 05 Juni 2010

5 Pedoman Diet sehat

Kesehatan adalah kekayaan terbesar yang dapat dimiliki oleh setiap orang. Dengan badan yang sehat, kita bisa menikmati dan melakukan apapun yang kita mau.

Kesehatan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya seperti pikiran kita, tingkat kesibukan, cuaca, kesehatan lingkungan sekitar, dan juga pola makan atau pola diet yang tepat.

Melihat kenyataan bahwa begitu banyak orang tertipu dengan ragam pola diet kilat dan praktis, maka Don Colbert, M.D. melalui bukunya yang
berjudul WHAT YOU DON'T KNOW MAY BE KILLING YOU! menjabarkan lima pola diet yang tak hanya mudah untuk diterapkan, namun juga sehat dan murah.

Dengan pola diet ini, Anda tak perlu mengurangi jatah makan Anda dan menyiksa diri dengan berbagai obat-obatan yang mahal. Anda hanya harus memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Kurangi makanan yang mengandung zat tepung tinggi, seperti roti, produk sereal instan, cracker, bagel, kue kering asin, jagung, popcorn, kentang (dalam olahan apapun), ubi, keripik kentang, seriping jagung, pasta, nasi, kue tepung beras, buncis, dan pisang sampai setengah atau tiga perempat porsi. Kalau makanan ini dihilangkan dari pola diet Anda, maka hal itu lebih baik lagi.

Hindari makanan yang kaya gula, seperti permen, biskuit, kue, pie, dan donat. Jika Anda harus mengkonsumsi gula, gunakan Sweet Balance (pemanis yang terbuat dari buah kiwi) atau Stevia (pemanis yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan). Kandungan buah lebih baik dari jus buah, jadi pilihlah buah.

Jika ada yang harus dikurangi atau dihindari, maka perlu juga ada yang ditingkatkan dalam pola makan sehat seseorang. Tingkatkan konsumsi sayuran yang tak bertepung, misalnya seperti selada, kubis, bayam, brokoli, asparagus, kacang hijau, dan kembang kol.

Jika Anda telah mencapai berat badan ideal Anda, Anda boleh makan buncis, polong, dan miju-miju. Namun, jika belum ideal, maka konsumsilah makanan tersebut dalam takaran sedang.

Pilihlah daging yang sehat, seperti dada kalkun, dada ayam, ikan, dan daging sapi alam bebas. Pilihlah juga keju lembut rendah lemak. Untuk lemak sehat yang dianjurkan Colbert adalah minyak biji rami, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun murni, atau sedikit mentega organik.

Jika Anda ingin membuat salad, maka gunakan minyak zaitun murni dan cuka sebagai sausnya atau mayonaise canola.

Makanlah tiga kali sehari yang terdiri dari buah, sayuran tak bertepung, daging tak berlemak, dan lemak yang baik. Anda juga harus tetap mengonsumsi snack sehat pada pertengahan pagi, siang, dan sore.

Dengan mengikuti pola makan di atas, tak hanya tubuh langsing yang bakal Anda dapat, namun juga peningkatan energi dan kesehatan yang tetap prima